Header Ads

Header ADS

10 Destinasi Wisata Alam di Karawang

1. CURUG CIGENTIS


Kawasan Curug Cigentis
Sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah, Curug Cigentis memiliki kemudahan akses serta kelengkapan fasilitas. Perjalanan menuju tempat wisata ini terasa nyaman karena kondisi jalan yang sudah beraspal. Selain itu, pemandangan sawah dan pegunungan juga akan memanjakan mata.
Sampai di kawasan wisata ini, pengunjung harus berjalan dari area parkir untuk menuju lokasi air terjun. Jaraknya sekitar 300 meter melalui jalan setapak berbatu. Sepanjang jalan, berjajar warung dan kios makanan serta saung-saung peristirahatan. Apabila lelah, pengunjung bisa rehat terlebih dahulu dan menikmati pemandangan sekitar yang masih hijau dan alami.
Pesona Curug Cigentis

Curug Cigentis adalah air terjun yang berada di ketinggian 25 meter. Air terjun ini memiliki debit air yang tinggi dan dikelilingi oleh tebing. Dinding tebing ditumbuhi oleh berbagai tumbuhan liar, menjadikan suasana asri dan sejuk.
Sumber aliran air curug berasal dari sungai kecil yang ada di atas tebing. Sungai ini merupakan gabungan dari berbagai mata air di Gunung Sanggabuana. Sanggabuana sendiri bermakna “penopang semesta”. Nama ini kemungkinan berangkat dari fakta bahwa kawasan ini adalah titik tertinggi di Karawang.
Dengan debit airnya yang tinggi, hawa di sekitar air terjun terasa segar karena adanya tempias air. Air kemudian mengalir ke telaga dan sungai dengan sebaran bebatuan licin. Pengunjung bisa bebas bermain air di sekitar area ini.
Aktivitas di Curug
Wisatawan dapat berkemah di sekitar Curug Cigentis – Foto: Google Maps/Herekk Motorider
Wisatawan dapat menikmati keindahan alam di sekitar sambil bermain air atau berenang di telaga. Sungai yang mengalir di sekitarnya dihiasi sebaran bebatuan yang bisa dijadikan tempat berpijak dan beristirahat. Sambil santai, abadikan momen dan panorama melalui kamera dari sini. Spot lainnya yang tak kalah menarik adalah jembatan di atas Sungai Cigentis dengan tulisan “Curug Cigentis”.
Jika ingin bermalam, terdapat fasilitas penginapan yang ada di sekitar kawasan Curug Cigentis. Vila maupun homestay tersedia di sini. Bagi pecinta suasana alam, diperbolehkan mendirikan tenda dan berkemah di sekitar curug. Pengalaman bermalam sambil ditemani suara pegunungan dan gemericik air tentu akan memberikan penyegaran bagi tubuh maupun pikiran.
Fasilitas Curug Cigentis
Sebagai kawasan wisata yang berada di bawah pengelolaan Perhutani setempat. Area curug dilengkapi dengan pelayan dan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut yaitu area parkir motor dan mobil, jalan setapak yang baik, toilet, masjid, serta deretan kios makanan dan minuman yang dilengkapi saung peristirahatan. Terdapat beragam penginapan yang mengakomodasi untuk bermalam serta area berkemah di sekitar curug.
Akses & Lokasi Curug Cigentis
Jalan menuju tempat wisata ini sudah dalam keadaan baik dengan cor beton serta aspal. Namun, pengemudi tetap harus berhati-hati dalam perjalanan. Di beberapa titik terdapat tanjakan atau turunan curam, sehingga dibutuhkan kondisi kendaraan yang baik serta kemampuan mengemudi yang lihai, terutama dalam pengaturan rem.
Objek wisata air terjun ini berada di Gunung Sanggabuana, tepatnya di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 44 kilometer dari pusat Kota Karawang dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.
Sumber : https://travelspromo.com
2. PANTAI SAMUDRA BARU






Pantai Samudra Baru


Selama ini ketika kita mendengar atau berbicara tentang pantai, sebagian besar akan langsung tertuju pada Bali. Padahal, tahukah anda bahwa pemerintah juga sedang membangun 10 Bali baru agar tujuan wisatawan asing berlibur ke Indonesia memiliki banyak pilihan. Kali ini kita perlu mengenal terlebih dahulu Pantai Samudera Baru.
Pantai Samudera Baru berada di Desa Sungai Buntu, Pedes, Karawang, Jawa Barat. Di daerah ini tentu banyak masyarakat yang mengandalkan hidupnya pada hasil laut dan tambak. Sebenarnya, daerah ini belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh Kabupaten Karawang sebgai daerah tujuan wisata padahal jika melihat potensinya sungguhlah besar. Pantai Samudera Baru, pantai yang jauh namun rela mencapai jarak tempuh yang lumayan jauh.


Fasilitas di Pantai Samudera Baru

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa potensi di Pantai Samudera Baru belumalh tereksplor. Namun bukan berarti anda hanya akan diam di pantai. Ada beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan seperti berenang, menyewa ban dan papan seluncur.
Jika anda sekadar ingin bersantai, anda bisa menggelar tikar dan menikmati rebahan di area pantai yang cukup luas. Ada area gazebo yang beridiri di beberapa titik. Sementara jika sore tiba, anda juga akan semakin betah melihat peristiwa matahari tenggelam berwarna jingga.

Keindahan Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru merupakan wisata pantai yang ada di Desa Sungaibunti. Pantai ini terletak di Kabupaten Karawang selain Pantai Tanjung Pakis dan Pantai Tanjung Baru. Usia dari objek wista pantai ini bisa dibilang masih muda kalau dibandingkan dengan dua pantai lainnya yang tersebut tadi.
Keberadaan pantai ini bisa dikatakan sebagai pengganti Pantai Pisangan Cemarajaya Cibuaya yang tergolong hampir hilang keindahannya sebab tergerus abrasi. Selain karena keindahannya, anda akan dibuat nyaman berwisata dengan banyak warung makan di lokasi. Meskipun harganya relatif mahal, anda bisa menikmati makanan seafood dan ikan bakar lhas pantai.
Jika anda merupakan orang yang suka berlibur menikmati sejuknya angin sepoi di pantai, anda bisa juga mencoba wahana air yang disediakan. Pantai ini relatif sepi namun cukup bersih dan tidak banyak sampah. Memang, di muara air akan tampak kecoklatan namun makin ke tengah, airnya makin segar dan biru. Pasir pantainya bersih disertai banyak kerang yang bentuknya unik – unik.

Hunting Foto di Pantai Samudera Baru

Karena tergolong pantai yang sepi, anda bisa berfoto sesuka hati. Namun tetap jaga keselamatan anda jika sedang asyik di Pantai Samudera Baru. Pantai selalu menyuguhkan suasana sunset yang indah. Maka tidak ada salahnya untuk memotret peristiwa tersebut di pantai ini.
Anda bisa mendapatkan foto dengan latar keindahan pantai yang bersih dan air yang biru disertai pasir yang memiliki banyak kerang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Samudera Baru

Agar bisa menikamti keindahan pantai, anda cukup membayar tiket masuk seuai dengan kendaraan yang anda bawa. Untuk rombongan yang datang dengan motor, harga tiket sebesar Rp. 15.000. Sementara untuk kelompok yang datang dengan mobil, harga tiketnya adalah Rp. 30.000. Harga tiket masuk ini berubah sewaktu – waktu. Jam buka Pantai Samudera Baru adalah setiap hari mulai hari Senin sampai Minggu 24 jam.

Tips Berlibur ke Pantai Samudera Baru

Berlibur ke pantai memang selalu menawarkan keindahan dan suasana menyenangkan yang dapat kita bayangkan. Sebelum berkunjung ke pantai ini, dipersilakan anda bisa menyimak beberapa tips seperti :
·         Pilih waktu liburan. Lebih baik anda datang bukan disaat musim liburan atau akhir pekan sebab pantai ini akan ramai sekali akan pengunjung.
·         Jika ingin bermalam, anda bisa menginap di hotel dekat lokasi wisata. Lakukan reservasi jauh – jauh hari denan mencari harga promo yang biasanya ditawarkan melalui online.
·         Jagalah selalu kebersihan lokasi wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pantai ini sudah cantik cukup bersih. Jika kita tidak bisa turut menjaga maka akan sangat disayangkan.
·         Bawa baju ganti karena anda pasti ingin bermain air di pantai meskipun tidak berenang.
·         Bawalah juga peralatan mandi seperti sabun, handuk, tissue dan lain sebagainya.
·         Jika berangkat anda menggunakan alas kaki sepatu, maka anda bisa membawa sandal jika lebih bersantai di pantai.
·         Gunakan tabir surya untuk melindungi dan tetap membuat sehat kulit anda dari paparan sinar matahari langsung.
·         Ajak keluarga atau teman anda, sebab aktivitas akan semakin meyenangkan jika beramai – ramai.
Itulah Pantai Samudera Baru yang menambah daftar Pantai indah yang kita miliki. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa menjadi gambaran mengenai kondisi tempat wisata. Membantu anda menyiapkan liburan dan menjadi bahan referensi.
Bagikan foto yang anda ambil di lokasi wisata agar banyak orang tahu mengenai keberadaan Pantai Samudera Baru serta meningkatnya kepedulian pemerintah yang berujung pada penambahan fasilitas, wahana, kebersihan, keamanan dan keindahan. Selamat berlibur di pantai ! Semoga saat – saat berkunjung ke Pantai ini menjadi kenangan indah dan patut untuk dikenang.

Sumber :www.tempatwisata.com
3. DANAU CIPULE

Danau Cipule - Ciample
Lokasinya tepat di tepian Sungai Citarum, tepatnya di Desa Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Karawang, 3 km dari Bendungan Walahar arah ke Selatan.
Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik adalah keberadaan gunung yang menjadi background keindahan dari Danau Cipule. Danau terbaik di Karawang ini terasa sejuk. Danau ini konon pernah dijadikan venue lomba dayung pada perhelatan SEA Games 2011. Selain memiliki danau yang indah, Danau Cipule juga memiliki pulau yang berada ditengahnya. Pulau tersebur bernama Pulau Cinta yang memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi dan menjadi salah satu alasan utama wisatawan untuk berkunjung ke Danau Cipule.
Sepertinya kurang lengkap, berwisata ke Danau Cipule tanpa berlayar ke Pulau Cinta. Untuk menuju ke danau tersebut Anda bisa menumpang perahu selama sekitar 5 menit dengan ongkos sekitar Rp 2.000 per orang. Pulau Cinta memiliki keunikan tersendiri yang akan membuat Anda merasa nyaman berlama-lama. Salah satunya, memiliki pohon yang tak terlalu tinggi yang terasa siap dengan anggun dan kokoh untuk memagari Pulau Cinta. Sinar matahari yang menerobos di antara hijaunya dedaunan menambah kecantikan Pulau Cinta ini.
Ketika kaki menginjak tanah Pulau Cinta, aura romantisme begitu terasa. Angin basah yang berhembus dari danau terasa segar. Begitu teduh dan damai. Namun, jika debit air di Danau Cipule sedang tinggi atau naik, maka Pulau Cinta juga tidak dapat dikunjungi karena tergenang air. Oleh karena itu tidak setiap saat pengunjung dapat menikmati Pulau Cinta yang ada di Danau Cipule. Danau yang juga berada di pinggiran sungai Citarum ini memiliki beberapa fasilitas umum yang menarik bagi pengunjung seperti permainan air maupun kuliner yang tersedia di sana.
Keberadaan Danau Cipule juga sangat bermanfaat untuk mengairi persawahan maupun perkebunan warga. Selain itu ikan-ikan yang tidak ada habisnya di Danau Cipule juga menjadikannya tempat favorit bagi warga yang memancing. Danau yang berada di Karawang ini juga tidak begitu sulit untuk ditemukan. Jalan maupun akses akomodasi transportasi untuk menuju Danau Cipule juga tidak sulit dicari.

Sumber :wartawisata.id
4.MANGROVE PASIRPUTIH

Hutan Mangrove Pasirputih Cilamaya - Foto :Regional Kompas


Pasir Putih adalah sebuah kampung atau kawasan pemukiman nelayan yang berada di wilayah Cilamaya Kulon Karawang. Selain sebagai penghasil perikanan, Pasir Putih juga kini dikenal dengan kawasan wisata pantai berupa hutan mangrove atau bakau.

Wisata Mangrove Pasir Putih seluas sekitar 20 hektar ini ditanami beberapa jenis mangrove (pohon bakau) yang beberapa diantaranya adalah jenis paling kuat terhadap hempasan ombak.

Selain sebagai kawasan konservasi, Eco Wisata Mangrove Pasir Putih Cilamaya Kulon ini sendiri memang diproyeksikan untuk bisa menyelamatkan kawasan kampung nelayan Pasir Putih yang sebelumnya sempat terancam oleh abrasi (pengikisan bibir pantai).

Bersama dinas terkait dan didukung Pertamina PHE ONWJ,  masyarakat nelayan Pasir Putih yang terdiri dari 900 kepala keluarga lebih ini lantas bekerja sama menanam mangrove untuk bisa secepat mungkin menyelamatkan Pantai Pasir Putih.

Saat ini, kawasan hutan mangrove yang sudah dirintis sejak 2015 ini sudah banyak memberi banyak manfaat. Tak hanya bertambahnya daratan dan eko sistem pantai, konservasi mangrove ini juga sudah menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup populer.

Meski belum sepenuhnya rampung dan dibuka secara resmi sebagai tempat wisata, namun Eco Wisata Mangrove Pasir Putih ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seputaran wilayah Karawang dan sekitarnya.

Menurut warga sekitar yang turut mengelola Eco Wisata Mangrove Pasir Putih, saat ini proses pengerjaan taman mangrove tersebut masih terus berlangsung.


Sumber : dotgo.id
5. PANTAI SEDARI

Pantai Sedari - Cibuaya
Pantai Sedari merupakan salah satu destinasi yang ada di Karawang, tepatnya tempat wisata ini berada di wilayah Kecamatan Cibuaya, akses jalan menuju ke pantai Sedari cukup bagus, hanya saja kondisi jalan tidak begitu lebar. Kemungkinan ke depan seharusnya jalan sudah harus diperlebar, karena bagaimanapun destinasi pantai ini pesona alamnya cukup memikat. Bagaimana tidak, ketika tambak-tambak di sekitar pantai dilalui, kita pasti menggeleng-geleng kepala, betapa asri dan indah sedari ini, padahal dulu untuk mencapai tempat ini begitu sulit dilalui kendaraan karena akses jalan waktu itu tidak terurus. Bahkan untuk mencapai tempat ini kita harus naik perahu, karena kendaraan tidak bisa melalui jalan darat.
 Karena mungkin ada perhatian dari pemerintah kabupaten, jalan ke pantai sedari sudah bagus, hanya sayang tadi kurang lebar. Jika melihat demikian, betapapun pemerintah harus memperhatikan jalan di sepanjang pantai utara Karawang. Apalagi panjang pantai Karawang ini begitu panjang, sekira 70 km merupakan aset daerah yang berpotensi menjadi jalan utama untuk mendongkrak PAD dalam bidang pariwisata, yang kemungkinan pembuatan jalan jalur utara di sepanjang pantai ini harus diwujudkan.

Tambak-tambakdi Sedari: https://alexanews.id

 Melihat pantai sedari di wilayah Cibuaya ini, tampak  tambak-tambak dan hutan tembakau atau hutan mangrove di Sedari ini sangat menarik bagi wisata baik lokal atau mancanegara. Bayangkan, jika ada musim libur tiba, tempat destinasi yang satu ini sangat ramai dikunjungi yang datang dari berbagai daerah baik dalam Kabupaten Karawang maupun luar kota. Menurut warga setempat,  sampai-sampai di musim libur panjang seperti hari raya,jalan menuju ke pantai Sedari bisa macet berjam-jam dikarenakan antrian-antrian kendaraan memenuhi badan jalan. Nah bagi kamu yang belum pernah menginjak di tempat destinasi ini, bisa sempatkan waktunya untuk berekpresi dengan keindahan pantai ini.
6. PANTAI TANJUNGPAKIS


Pantai Tanjung Pakis merupakan salah pantai yang berada di Kabupaten Karawang, tepatnya daerah ini berlokasi di ujung Karawang paling utara dan barat di Karawang. Pantai ini ramai dikunjungi wisata, terutama pada saat hari libur. Akses jalan menuju ke sana menempuh jarak yang cukup jauh dari kota Karawang, tetapi jika dari Bekasi mungkin lokasi wisata ini lebih dekat karena daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Bekasi. Pantai Tanjungpakis pernah menjadi pembicaraan secara internasional karena di pantai ini pernah ada kecelakaan pesawat penumpang jenisLion Air JT 610 di perairan laut Karawang Utara. Berwisata ke Tanjung pakis bisa berkendaraan roda dua atau roda empat, perjalanan menuju ke tempat wisata memakan waktu cukup lama, kalau dari Karawang kota  ke Tanjungpakis dengan jarak 60,8 Km, perjalanan bisa mencapai satu jam setengah, ini kalau kondisi jalan normal atau tidak padat. Jika hari-hari libur mungkin waktu untuk sampai ke sana akan memakan waktu yang cukup lama.
Di tanjungpakis kita akan disuguhkan pesona deburan ombak di pantai yang indah, selain bisa melihat pemandangan pantai juga di pantai ini kita mencari warung-warung yang menyediakan ikan bakar.

7.CURUG GREEN CANYON CIOMAS

Curug Green Canyon Ciomas Pangkalan : Foto : https://ksmtour.com

Curug Ciomas atau Green Canyon Mini di Kampung Tonjong  Roke, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.
Curug Ciomas ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat dan masih belum tersentuh oleh tangan pemerintah. Sebenarnya Curug Ciomas ini adalah bendungan irigasi yang berada dibawah kaki Gunung Sanggabuana. Yang membuatnya dikatakan mirip dengan Green Canyon di Pangandaran adalah karena adanya aliran air yang berwarna hijau yang jernih di atas curugnya yang diapit oleh tebing batu yang tinggi dan alirannya berkelak-kelok. Hampir sama dengan Green Canyon Pangandaran.
Sebelum menjadi objek wisata, curug ini dijadikan sebagai tempat mandi oleh masyarakat setempat. Panjang aliran Sungai Curug Ciomas sekitar 200 meter, dan ukuran sungainya tak begitu besar. Tidak seperti sungai biasa yang bagian pinggir dibatasi tebing tanah, Sungai Curug Ciomas pada bagian pinggirnya dibatasi tebing-tebing batu yang masih dikeliling hutan. Di atas tebing batu terdapat pohon-pohon besar yang akarnya menjulur ke bawah. Kehadiran tebing batu dan bongkahan-bongkahan batu, serta hutan yang berada di atas tebing batu memberikan kesan dan daya tarik tersendiri.
Selain menikmati keindahan alam, Anda pun bisa berenang sambil mengarungi curug. Bila mau aman, bisa mengggunakan ban yang disewakan seharga 7000 rupiah per ban. Dengan harga sebesar itu Anda bisa menggunakan sepuasnya  tanpa batas waktu. Di sini Anda juga bisa memacu adrenalin, yaitu cara melompat dari atas bukit batu yang tingginya sekitar 10-12 meter. Bagi warga setempat, melompat dari atas bukit batu sudah menjadi hal biasa. Berenang di antara batu, menuju air terjun menjadi tantangan tersendiri.
Bagi yang baru bisa berenang dan ingin menuju air terjun, sebaiknya jangan berenang sendiri. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa menggunakan jasa guide  alias pemandu wisata. Jarak tempuh dari Jakarta ke lokasi ini hanya sekitar tiga jam perjalanan dengan kendaraan pribadi, yaitu lewati Cibubur-Cilengsi-Jonggol, Kabupaten Bogor lanjut ke Desa Cikutamahi Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, curug ini berada diperbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang. Yang menjadi pembatasnya cuma sebuah jembatan, yaitu Jembatan Ciomas.
8. CURUG BANDUNG

Curug Bandung - Tegalwaru
Karawang digadang-gadang sebagai kota industri terbesar di Asia Tenggara, ternyata banyak menyimpan misteri terkait destinasi wisata yang ada di Jawa Barat, selain banyak wisata di daerah pantura dengan pantainya yang memanjang dari Cilamaya sampai Pakisjaya. di sebelah selatan Kabupaten Karawang, banyak daerah wisata yang harus dikembangkan. Selain pesona alam pegunungan yang indah dan menarik. ternyata dibarisan pegunungan di daerah Karawang banyak air terjun atau curug yang banyak dikunjungi tiap hari libur. Salah satu curug yang sudah terkenal adalah Curug Bandung, tepatnya lokasi ini ada di Desa Medalsari Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Curug Bandung memiliki ketinggian atau panjang aliran air terjun sekitar 25 meter. 
Tak heran dengan ketinggian tersebut banyak pengunjung ingin mendaki sampai curug Bandung, walaupun jalan menuju kesana amat terjal tetapi mereka tetap bersemangat untuk sampai ke tempat tersebut.
9. PUNCAK SEMPUR

Puncak Sempur Tegalwaru - Foto ;IHATEGREENJELLO

Salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungan adalah Puncak Sempur, tempat wisata ini berada di wilayah gunung Sanggabuana dan masih termasuk wilayah Kabupaten Karawang, yang sebelah selatannya berbatasan dengan Cianjur dan Bogor.

Destinasi ini memiliki keindahan yang alami, apabila sudah berada di puncak sempur, betapa indah pemandangan di sekeliling puncak sempur, ketika melihat ke bawah tampak perkampungan dan pemukiman terlihat begitu indah.

Perjalanan ke Puncak sempur dapat dicapai dengan kendaraan roda dan empat, sayangnya jalan menuju puncak kurang begitu bagus dan tidak lebar, tetapi untuk kesana kitapun bisa sampai, walaupun agak sedikit sulit menaiki tanjakan yang berliku-liku. Untuk bisa masuk ke puncak sempur pengunjung ditarif tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- dan untuk retribusi parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor, sedangkan untuk jenis kendaraan roda empat atau mobil Rp. 10.000,-
Tak heran jika hari libur tiba, di puncak sempur sangat ramai pengunjung yang sengaja untuk beristirahat di tempat wisata ini. Bahkan saking ingin berlama-lama di puncak ini banyak pengunjung membawa tenda untuk bermalam atau camping di tempat ini. 
Oleh karenanya bagi pengunjung yang pernah mengunjungi tempat wisata di Tegalwaru ini, seperti wisata ke Curug Cigentis, Curug Santri, Curug Cipanundaan atau destinasi lain di kecamatan ini, rasanya kuranglah lengkap jika belum mengunjungi puncak sempur. 
Nah bagi kalian yang masih semangat berapresiasi dengan destinasi wisata alam alangkah baiknya jika suatu waktu dapat mengunjungi puncak sempur ini.
Akses menuju puncak sempur begitu mudah, karena jalan menuju ke tempat destinasi ini bisa di tempuh dari berbagai penjuru kota, semisal apabila dari arah Karawang kota bisa dilalui rute dari jalan arteri tol Karawang Barat - jembatan badami belok kanan menuju jurusan loji, kemudian langsung menuju kaki gunung Sanggabuana, karena letak lokasi puncak sempur berada sebelah kanan gunung tersebut. Apabila ditempuh dari kota Bogor, Cianjur atau Jakarta, bisa melalui prapatan Cariu menuju kecamatan Tegalwaru, sama setelah sampai di pasar Loji, tinggal melanjutkan ke kaki gunung Sanggabuana. Kalau dari arah kabupaten Bekasi juga akses jalan lebih mudah, bisa melalui jalan menyusuri sepanjang kalimalang, setelah sampai diprapatan Kobakbiru belok kanan menuju pasar loji dan kesana sama.
Seperti di tempat wisata-wisata lain di beberapa daerah di Jawa Barat atau Indonesia, di sepanjang jalan menuju puncak sempur berderet warung-warung makanan, oleh kerenanya tidak sulit lagi untuk sekedar beristirahat sambil jajan atau membeli makanan untuk bekal kesana.  Di puncak sempur sudah tersedia fasilitas bersifat umum dan penting. 

Sumber : ihategreenjello.com
10.SITU KAMOJING



Situ Kamojing Cikampek - Foto :jdlines.com
SITU KAMOJING adalah salah satu situ kebanggaan warga Karawang dan Purwakarta. Situ Kamojing adalah situ dibawah pengelolaan Perum Jasa Tirta II, dibangun pada tahun 1912 dengan luas areal 62,762 Ha, Ketinggian normal kurang lebih 48,60, ketinggian maksimal 50,00 dan ketinggian minimal 44,50. Situ Kamojing merupakan tempat yang cukup eksotis yang ada di perbatasan ke-2 kabupaten ini. Situ yang lokasinya di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek,  ini berbatasan langsung dengan Desa Cinangka Kabupaten Purwakarta. Situ ini menawarkan pesona alam serta potensi wisata yang menjanjikan.

Ketinggian air di situ ini sangat dipengaruhi kondisi alam. Di musim hujan air situ bisa meluap bahkan sampai keatas jalan, tetapi di musim kemarau air situ ini surut sehingga kerap juga digunakan warga setempat sebagai lahan untuk bercocok tanam.

Bila dilihat dari infrastuktur dan fasilitas yang ada, situ ini begitu umum, bahkan juga belum dijadikan obyek wisata komersil. Tidak ada pengelolaan secara khusus sebagai tempat wisata, apalagi pengenaan tiket masuk.
Sifatnya yang alami membuat  orang-orang tertarik untuk memadati tepian situ, mulai dari berolahraga atau sekedar melepas kepenatan semata. Terlebih di sore hari, sesaat sebelum matahari tenggelam tempat ini menawarkan panorama yang indah. Dengan pantulan cahaya matahari yang menerpa permukaan air situ.
Mitos yang beredar hingga saat ini,  konon situ ini ditempati oleh Buaya Buntung. Mitos yang telah mengakar pada warga setempat yang kebenarannya pastinya tak dapat diterima dengan akal sehat. Namun sebagai pertanda kalau di daerah ini mengandung paham berbentuk buhun bahkan mistis yang begitu kental.
Menurut perkiraan kedalaman situ ini sekitar pada 14 sampai 10 meter.  Tetapi tak ada info resmi mengenai kedalaman ini namun pengunjung tetap harus berhati-hati.
Situ kamojing memiliki dua pintu air yang terletak di sebelah kiri dan kanannya yang berfungsi untuk mengatur debit air dan mendistribusikan airnya kesawah-sawah petani. 

Situ Kamojing merupakan sebuah danau buatan yang berfungsi sebagai sarana irigasi untuk pendistribusian air ke areal pesawahan. Situ Kamojing posisinya ± 8 Km dari gerbang tol Cikampek, keluar dari gerbang tol Cikampek belok kiri jalan terus setelah ± 10 m belok kiri lagi selanjutnya ikuti jalur jalan yang ada. 

Situ kamojing memiliki luas 62 HA dengan luas yang diairi 12,5 HA. Elevasi air diwaktu banjir bisa mencapai + 49,50, diwaktu normal + 48,60.


Powered by Blogger.