Header Ads

Header ADS
Hutan Mangrove Pasirputih Cilamaya - Foto :Regional Kompas


Pasir Putih adalah sebuah kampung atau kawasan pemukiman nelayan yang berada di wilayah Cilamaya Kulon Karawang. Selain sebagai penghasil perikanan, Pasir Putih juga kini dikenal dengan kawasan wisata pantai berupa hutan mangrove atau bakau.

Wisata Mangrove Pasir Putih seluas sekitar 20 hektar ini ditanami beberapa jenis mangrove (pohon bakau) yang beberapa diantaranya adalah jenis paling kuat terhadap hempasan ombak.

Selain sebagai kawasan konservasi, Eco Wisata Mangrove Pasir Putih Cilamaya Kulon ini sendiri memang diproyeksikan untuk bisa menyelamatkan kawasan kampung nelayan Pasir Putih yang sebelumnya sempat terancam oleh abrasi (pengikisan bibir pantai).

Bersama dinas terkait dan didukung Pertamina PHE ONWJ,  masyarakat nelayan Pasir Putih yang terdiri dari 900 kepala keluarga lebih ini lantas bekerja sama menanam mangrove untuk bisa secepat mungkin menyelamatkan Pantai Pasir Putih.

Saat ini, kawasan hutan mangrove yang sudah dirintis sejak 2015 ini sudah banyak memberi banyak manfaat. Tak hanya bertambahnya daratan dan eko sistem pantai, konservasi mangrove ini juga sudah menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup populer.

Meski belum sepenuhnya rampung dan dibuka secara resmi sebagai tempat wisata, namun Eco Wisata Mangrove Pasir Putih ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seputaran wilayah Karawang dan sekitarnya.

Menurut warga sekitar yang turut mengelola Eco Wisata Mangrove Pasir Putih, saat ini proses pengerjaan taman mangrove tersebut masih terus berlangsung.


Sumber : dotgo.id
Powered by Blogger.