Header Ads

Header ADS

Destinasi kota Karawang


Kemajuan industri dan bisnis yang berkembang begitu pesat di Karawang akan menambah gairah dan geliat para pengusaha bisnis baik terkait dengan usaha properti perumahan, perhotelan, kuliner maupun Tempat destinasi liburan.

Tak heran dalam beberapa terakhir ini, para pengusaha mulai menyerbu kota Karawang untuk bersaingan membangun fasilitas terkait sarana prasarana berbagai bisnis di Kota Karawang.

Salah satun fokus para pengusaha dalam mendukung kemajuan industri tersebut, adalah membangun fasilitas-fasilitas yang berkaitan dengan destinasi wisata. Karawang merupakan daerah subur dengan lahan pertanian di daerah sebelah utara dan di daerah  selatan merupakan daerah yang berbukit-bukit dan sebagian adalah daerah pegunungan.
Walaupun Karawang tidak begitu maju dalam hal pariwisata, tetapi sejak dulu Karawang juga memiliki tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan destinasi wisata daerah atau nasional. Memang, jika dibanding dengan daerah semisal Subang, Cianjur, Bandung, Bogor, Garut dan daerah-daerah lainnya yang sudah memiliki fasilitas destinasi wisata yang lengkap,memadai dan bertaraf internasional, sehingga destinasi wisata di daerah tersebut sudah dikenal ke berbagai negara-negara di dunia, dan para pengunjungnyapun tidak berasal dari setempat atau lokal, tetapi sudah menjangkau ke mancanegara.
Sehubungan dengan itu jelas-jelas Karawang sudah tertinggal jauh. Kenapa bisa dikatakan demikian?”. Mungkinkah Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Karawang sangat rendah?, ataukah disebabkan faktor lain?’, Padahal tekstur wilayah Karawang memiliki dua sektor berpotensi yaitu daerah pantai dan pegunungan. Tapi yang jelas menurut hemat kami, infastruktur  akses jalan menuju ke daerah-daerah  dimaksud tidak begitu terurus, bagaimana tidak dikatakan demikian, proyek-proyek pembuatan akses jalan kesana terlihat tidak begitu rapi dan mudah rusak, hal ini menandakan pengerjaan proyek-proyek insfratuktur jalan ini asal-asalan saja, baik dilihat kualitas atau kerapiannya sehingga tampak jalan tersebut tidak rata atau bengkok-bengkok dan mudah bolong-bolong, setelah hanya beberapa hari dicor, selain tidak enak dipandang mata juga banyak membahayakan para pengendara. Apabila kita melihat proyek pengerjaan jalan-jalan yang akses ke tempat destinasi wisata di daerah lain semisal di daerah pegunungan jalannya terlihat rapi, bersih, indah dan begitu nyaman.
Jalan terindah
Sebagai daerah yang diprioritaskan pemerintah pusat menjadi salah satu akses transfortasi bertaraf nasional, seperti di Karawang ini akan dibangunnya Statsiun Kereta Cepat dan Bandara Internasional. Oleh karenanya, jika akses jalan dan daerah-daerah wisata ini perlu dikembangkan dan direnovasi dengan baik, jika hal ini direlisasikan, selain akan menjadikan kenyamanan dan keamanan pengendara, dari sisi finansialnya juga jelas ini akan bisa menambah PAD untuk daerah Karawang.
Destinasi Wisata Alam Pegunungan
Walaupun Karawang ini tidak dikatakan daerah kurang subur dalam masalah Daerah Aliran Sungai (DAS), sebenarnya, destinasi wisata Karawang ini cukup banyak untuk dikembangkan, semisal di daerah selatan memiliki wisata-wisata alam yang menarik seperti di daerah Pangkalan, banyak wisata semisal Curug Cigentis, Curug Santri, Curug Bandung, Curug Cipanunda, Curug Grand Cenyon, dan curug-curug lain ada di daerah ini, dan disebabkan daerah ini merupakan daerah dataran tinggi yang berpotensi dijadikan tempat wisata.
Curug loji Destinasi Wisata Alam Bahari
Karawang termasuk memiliki alur pantai yang panjang di daerah pantai utara (pantura), sepanjang 70 km pantai ini memanjang dari Cilamaya sampai Tanjung Pakis (Pakisjaya). di pantai ini sangat berpotensi dijadikan destinasi wisata pantai yang menarik, terbukti di daerah-daerah sepanjang pantai, di setiap hari libur selalu banyak pengunjung datang untuk melepaskan rasa lelah di sepanjang pantai di Karawang. Apalagi di hari-hari penting di hari-hari raya, banyak pengunjung ramai datang ke tempat ini. Tempat-tempat yang sudah dikembangkan saat ini seperti : Tanjung Baru (Cilamaya) dan Samudra Baru (Pedes), daerah ini cukup padat dikunjungi.
Samudra Biru
Destinasi Wisata Liburan Lain
Di Karawang banyak tempat-tempat menarik lainnya yang banyak dikunjungi, walaupun ini bukan alami, tetapi tempat-tempat itu menjadi pusat perhatian pengunjung, tempat-tempat itu seperti : Danau Cipule (Ciampel), Sand Diago Hill (Telukjambe Barat), Kolam Pemancingan Mang Ajo (Telukjambe Timur), Kampung Budaya (Telukjambe Timur), Bendungan Walahar (Klari), Situ Kamojing (Cikampek), dan tempat-tempat lainnya yang menarik di Karawang ini.
Bendungan Walahar
Bendungan_Walahar
Danau Cipule
Danau Cipule
Destinasi wisata Kuliner di Karawang
Selama ini Karawang dalam hal kuliner tidak terkenal, Karawang dikenal saat ini adalah lumbung padinya bukan kulinernya, akan tetapi setidaknya dalam suatu daerah tentu memiliki ciri khas daerahnya, seperti juga Karawang dalam hal kuliner tidak mau kalah dengan daerah lain, saat sekarang produk-produk kuliner Karawang sudah mulai menggeliat. Ada beberapa daerah di Karawang memiliki produk-produk andalan saat ini, seperti Rengasdengklok dengan Sorabi hijau dan kue semprongnya, Kutawaluya dengan bolu kijingnya, Cilamaya dengan ikan etong bakar, Pangkalan dengan bolu trubuknya, Walahar dengan ikan pepesnya. Hanya saja, produk-produk ini belum mendunia, tetapi makanan-makanan seperti ini bisa ditemukan di daerah tersebut.
Powered by Blogger.