Header Ads

Header ADS

Destinasi Wisata Karawang Sebelah Barat


Di sebelah barat Karawang  ada beberapa kecamatan yang dekat atau berbatasan dengan Kabupaten Bekasi, antara lain : Rengasdengklok, Kutawaluya, Jayakerta, Batujaya, Tirtajaya dan Pakisjaya. Diantara kecamatan yang menonjol adalah Rengasdengklok, boleh dikatakan kota kecamatan ini memiliki tonggak sejarah untuk Kabupaten Karawang, bahkan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dimana saat sebelum Indonesia merdeka, terlebih dulu bendera merah putih telah berkibar di Rengasdengklok. Sehingga dengan adanya peristiwa tersebut, Rengasdengklok dijadikan tempat bersejarah sampai saat, sampai-sampai di tempat ini dibuatkan sebuah tugu kemerdekaan yaitu dengan nama Monumen Kebulatan tekad. Rengasdengklok menjadikan bukti bersejarah disebabkan adanya penculikan terhadap Ir.Soekarno dan Moehamad Hatta, tat kala seorang kelompok pemuda yang dipimpin Chaerul Saleh untuk menginginkan proklamasi kemerdekaan secara cepat pada tanggal 16 Agustus 1945. Monumen Kebulatan tekad persis berada di dusun Bojongtugu, setiap tahunnya tempat ini selalu ramai dikunjungi para pejabat, terutama pada saat menjelang dilaksanakan upacara hari kemerdekaan RI.

Rumah Bersejarah
Di Rengasdengklok ada sebuah rumah milik seorang warga keturunan Cina Djiaw Kie Siong, di  tempat itu terjadi peristiwa bersejarah secara nasional, dimana tokoh kemerdekaan RI yaitu Ir.Soekarno dan Hatta menyusun teks proklamasi Kemerdekaan negara RI. Dan di rumah itu dikibarkan bendera merah putih dalam rangka persiapan kemerdekaan RI pada 16 Agustus 1945, pada malam harinya menjelang tanggal 17 Agustus 1945 Ir.Soekarno bersama rombongan menuju Jakarta, dan keesokan harinya teks proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan di jalan pegangsaan timur no.56 Jakarta. 

Makanan Khas Rengasdengklok
Rengasdengklok tidak hanya terkenal dengan peristiwa bersejarah kemerdekaan RI, tak kalah dengan daerah lain di Karawang, ada beberapa penganan atau makanan khas daerah ini perlu di ketahui, masih didekat monumen tersebut ada produk terkenal adalah Surabi Hijau. Makanan khas ini memang tidak asing lagi bagi masyarakat Karawang. Bahkan saking terkenalnya makanan khas tersebut banyak orang luar Karawang selalu menanyakan lokasi produksi Surabi Hijau, yang memiliki rasanya enak juga memiliki ciri khas tersendiri. Oleh karenanya, jika kita berkunjung ke Rengasdengklok belum lengkap kalau pulangnya tidak membawa buah tangan di tempat ini.

Masih di sekitar wilayah Rengasdengklok, ada beberapa kecamatan yang berdekatan seperti Batujaya, Tirtajaya, Kutawaluya, Jayakerta, Pakisjaya, di beberapa kecamatan  tersebut ada produk-produk andalan Karawang, diantaranya ada Bolu Kijing, Gabus Picung dan Opak ketan.


Powered by Blogger.